Giok Super Seberat 20 Ton di Aceh Ditaksir Rp30 Miliar

Batu giok yang diperkirakan seberat 20 ton ditemukan warga Desa Pante Ara, Kecamatan Beutong, Nagan Raya, Aceh, beberapa hari lalu. Banyak warga desa tetangga yang mengincar bongkahan batu raksasa tersebut. Berapa taksiran harganya?

 Gabungan Pecinta Batu Alam Aceh (GaPBA) memperkirakan giok 20 ton yang ditemukan di Nagan Raya jenis idocrase super tersebut, mengatakan Bila dalam batu tersebut terdapat 60 persen saja idocarse super, harganya bisa mencapai Rp 30 miliar.


"Bila 60 persen saja terdapat idocrase super kita perkirakan 30 miliar harganya, idocrase super yang sudah menjadi cincin saja bisa harganya mencapai Rp 20 juta hingga Rp 30 juta," kata ketua GaPBA, Nasrul Sufi, Selasa (17/2) di Banda Aceh.

Agar temuan Sumber Daya Alam (SDA) ini tidak menimbulkan konflik, Nasrul Sufi yang akrab disapa Tgk Abang memberikan solusi agar dibagikan batu giok idocrase super itu sama rata. Sehingga tidak menimbulkan konflik baru nantinya.

"Gampang cara selesaikannya, gampang saja caranya, yang menemukan diberikan, masyarakat diberikan dan jangan ribut-ribut, kalau begini pasti tidak ribut," harapnya.

Tgk Abang juga meminta kepada pemerintah tidak semua diambil oleh pihaknya. Karena giok yang diperkirakan idocrase itu memiliki hak-hak orang lainnya. "Karena kalau tidak ditemukan oleh masyarakat, pemerintah kan juga tidak tau," imbuhnya.

Temuan batu giok berat 20 ton itu sempat terjadi kericuhan beberapa waktu lalu. Karena saling berebutan antara pendatang yang menambang batu giok dengan masyarakat setempat. Sehingga sempat terjadi saling kejar mengajar antara penambang dengan masyarakat setempat.

Untuk mengantisipasi terjadi kericuhan dan konflik, batu giok tersebut sudah dipasang garis polisi dan sudah dijaga oleh pihak kepolisian. "Oleh karenanya supaya tidak terjadi persoalan dengan masyarakat, pihak keamanan sudah mengamankan sementara waktu," tutupnya.

Nagan Raya memang dikenal memiliki batu dengan kualitas terbaik di dunia. Salah satunya jenis Nefrit, nomor dua terbaik dunia. Selain itu, di Nagan Raya juga terdapat batu jenis solar, idocrase, nion dan berbagai jenis batu lainnya.
0 Blog Comments
Tweets Comments
Facebook Comments

0 komentar:

Poskan Komentar