Tips dan Trik Cara Menambahkan RAM untuk Smartphone Berbasis Android

Kali ini admin akan memberikan Tips dan Trik untuk mendambahkan Ram untuk Android dan Sampai saat ini pengguna smartphone berbasis Android sudah sangat banyak sekali. Mungkin Anda pernah mengalami saat menjalankan beberapa aplikasi di smartphone Android terasa sangat berat. Seperti halnya smartphone lainnya, smartphone Android juga memiliki RAM, prosesor dan media penyimpanan. Sama seperti RAM pada komputer, saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus maka RAM akan menyimpan banyak informasi. Bila RAM penuh maka kinerja pun menjadi lambat atau bahkan terhenti sama sekali.
Bila perangkat Android berjalan lambat, terus apa yang seharusnya dilakukan? Ada beberapa saran yang dianjurkan, misalnya saja dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan, mengurangi file-file yang tersimpan di perangkat Android, serta mengurangi widget dan live wallpaper di homescreen yang menguras kapasitas RAM Android Anda.
Tetapi terkadang, meski saran-saran tersebut sudah diterapkan tetap saja perangkat Android berjalan lambat dan membuat Anda sebagai penggunanya menjadi tidak sabar. Nah, jika keadaan seperti ini terjadi pada smartphone Anda, maka Anda bisa melakukan sebuah trik untuk meningkatkan kembali kinerja smartphone dengan cara menambah RAM Android.
Melakukan Konfigurasi pada Aplikasi Swapper
Pada cara menambah RAM Android, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tahapan pertama adalah menginstal aplikasi Swapper. Aplikasi ini berfungsi untuk menambahkan virtual memory, memory inilah yang akan membantu kinerja RAM. Sebaiknya memory yang digunakan kemampuan Read/Write nya tinggi.
menambah ram android dengan Swapper
Untuk itu download aplikasi Swapper ini dan install di perangkat Android Anda. Jika aplikasi Swapper telah terinstal, jalankan aplikasi tersebut lalu lakukanlah konfigurasi dengan mengikuti panduan singkat berikut:
  • Aktifkan opsi Active Swap on Boot.
  • Di bagian Swap File Position, pilihlah opsi SD Card FAT Partition.
  • Di bagian Swap File Size, masukkan nilai yang akan dipakai untuk virtual memori, misalnya saja 1000MB.
  • Simpan pengaturan ini.
Melakukan Konfigurasi pada Aplikasi SD Booster
Tahapan kedua adalah menambahkan aplikasi SD Booster. Aplikasi SD Booster merupakan sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan SD Card untuk membaca dan menuliskan data. Aplikasi SD Booster ini mendukung hampir semua jenis SD card, berjalan otomatis saat booting dan tidak hanya meningkatkan internal card tetapi juga eksternal card.
menambah ram android Sdbooster
Dengan aplikasi SD Booster ini, menjalankan aplikasi, memainkan game, menata file bisa dilakukan dengan lebih cepat. Untuk itu download dan instal aplikasi SD Booster ini, dan lakukan konfigurasi singkat di bawah ini:
  • Isikan nilai di kolom Cache Size,misalnya saja, 2048. Nilai cache yang direkomendasikan adalah 1024 atau 2048. Sedangkan nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) menunjukkan nilai cache yang digunakan saat ini.
  • Jika sudah aktifkan pilih Set On Boot, fungsinya agar nilai cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkat Anda mengalami restart.
Menambahkan File Juwe RAM Script
Tahapan ketiga adalah menambahkan file Juwe RAM Script, file ini berfungsi mengatur RAM. Tetapi sebagian pengguna merasa kesulitan saat hendak memasukkan file Juwe RAM Script. Bila Anda termasuk para pengguna tersebut, masih ada satu alternatif yang bisa digunakan. Download saja aplikasi RAM Manager Pro. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi Juwe RAM Script. Hanya saja aplikasi RAM Manager Pro ini memiliki user interface dan pengaturan-pengaturan yang lebih lengkap.
menambah ram android dengan Ram manager pro
Nah, bila Anda telah menjatuhkan pilihan untuk menggunakan file Juwe RAM Script saja, ikutilah cara memasukkan file Juwe RAM Script berikut ini sebagai tahapan terakhir pada cara menambah RAM Android.
  • Pertama-tama download file Juwe RAM Script.
  • Kemudian ekstrak file tersebut.
  • Pindahkan file ke dalam direktori init.D di folder System/etc.
  • Selanjutnya ubah setting permission menjadi rwxr-xr-x.
  • Terakhir lakukanlah langkah restart pada perangkat Anda.
  • Setelah langkah terakhir selesai dilakukan, seharusnya perangkat Anda bisa berjalan dengan lebih cepat. Anda bisa mengetesnya dengan memainkan game-game berat seperti game-game HD.
Itulah Cara Menambah RAM di Smartphone Android untuk meningkatkan kinerja smartphone Android Anda. Perlu diingat pastikan Anda untuk memilah dan memilih aplikasi yang aman dan hanya menginstall aplikasi yang memang dibutuhkan, bukan aplikasi yang tidak resmi yang justru memberatkan smartphone Anda.
0 Blog Comments
Tweets Comments
Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar